Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Harian - Ingat dan Syukurilah Kebaikan Tuhan (Ulangan 8:1-10)

 “INGAT DAN SYUKURILAH KEBAIKAN TUHAN” - Ulangan 8:1-10

“Dan engkau akan makan dan akan kenyang, maka engkau akan memuji Tuhan, Allahmu, karena negeri yang baik yang diberikan-Nya kepadamu itu.” – Ulangan 8 TB https://www.bible.com/id/bible/306/deu.8.10 

Renungan Harian Ingat dan Syukurilah Kebaikan Tuhan  (Ulangan 8:1-10)

Halo sahabat Gata… Bagaimana harimu hari ini?

Hari ini kita akan merenungkan firman Tuhan yang berbicara tentang kebaikan Tuhan dalam perjalanan kehidupan bangsa Israel. Mereka diberikan makan, kesejahteraan dan disertai disepanjang jalan hidup mereka. Tuhan memakai Musa untuk menyampaikan pesan supaya bangsa Israel senantiasa hidup seturut dengan kehendak Tuhan dengan melakukan firman-Nya. Bangsa Israel diprintahkan untuk selalu mengingat dan bersyukur atas berkat dan penyertaan Tuhan dalam perjalanan dari Mesir menuju tanah perjanjian.

Dalam hidup ini, semua orang pasti merindukan kebahagiaan dan kesejahteraan. Tidak ada orang yang merindukan hidupnya sengsara dan menderita. Bagaimana perasaan kita, kalau segala kebutuhan kita terpenuhi atau tercukupi? Tentu saja sangat menyenangkan bukan? Dan itulah salah satu yang kita impikan, mengapa kita harus bekerja keras mulai pagi sampai malam. Itulah yang dialami oleh umat Israel dalam perikop ini. Mereka akan masuk ke suatu negeri yang subur, indah, berlimpah hasil tanahnya, bukan negeri yang gersang dan tandus. Hal ini tentu sangat menyenangkan hati umat Israel. 

Jelas dikatakan dalam Ulangan 8:8, “Suatu negeri dengan gandum dan jelainya, pohon anggur, pohon ara, pohon delima, pohon zaitun dan madunya.” Bukan hanya itu ayat 9 dikatakan, “Suatu negeri, di mana engkau akan makan roti, di mana engkau tidak akan berkekurangan apapun, negeri yang batunya mengandung besi, dan gunungnya akan kau gali tembaga.” Wow! Artinya negeri yang diperoleh Israel itu adalah negeri yang subur, kaya, indah, berlimpah susu dan madunya. Akan tetapi untuk memperoleh negeri itu, ada 3 syarat yang harus dilakukan oleh bangsa Israel. Pertama, harus perpegang pada printah Tuhan. Kedua, harus hidup menuruti jalan dan hukum Tuhan, dan ketiga, harus takut akan Tuhan dalam perjalanan hidup mereka.

Kita juga di ingatkan oleh firman Tuhan hari ini, pertama, supaya kita selalu setia melakukan perintah Tuhan, hidup menurut hukum Tuhan, berjalan bersama Tuhan dan hormat kepada Tuhan. Kedua, supaya dalam hidup ini, kita selalu bersyukur akan kebaikan Tuhan di sepanjang perjalanan hidup kita. Sungguh banyak yang perlu kita syukuri dalam hidup ini, misalnya, kita di beri nafas kehidupan, sehat dan bisa berjalan dan bekerja. Syair dalam Nyanyian Rohani Methodist No. 143, “Berkat Tuhan, mari hitunglah, kau kan kagum oleh kasih-Nya…”, Allah adalah Allah yang begitu peduli dengan kehidupan kita, Dia tidak pernah meninggalkan kita sedetikpun. Allah itu selalu menyertai, ikut berjalan bersama kita. Jadi, apakah kita perlu ragu dalam menjalani hidup ini? 

Semoga sahabat Gata semua bisa menentukan jawaban dari pertanyaan di atas, tentunya dengan penuh hikmat. Tuhan Yesus memberkati kita semua.. Amin 🙏

Posting Komentar untuk "Renungan Harian - Ingat dan Syukurilah Kebaikan Tuhan (Ulangan 8:1-10)"