Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Renungan Harian - Musnah Karena Dosa (Kejadian 19:1-29)

MUSNAH KARENA DOSA - Kejadian 19:1-29 

 “Demikianlah pada waktu Allah memusnahkan kota-kota di Lembah Yordan dan menunggangbalikkan kota-kota kediaman Lot, maka Allah ingat kepada Abraham, lalu dikeluarkan-Nyalah Lot dari tengah-tengah tempat yang ditunggangbalikkan itu.” – Kejadian 19:29 TB

Renungan Harian - Musnah Karena Dosa (Kejadian 19:1-29)

Halo sahabat Gata…Apakah kamu pernah mendengar kisah tentang Sodom dan Gomora? Dulu, ketika di sekolah minggu, atau di kebaktian, atau pun di ibadah, kisah ini sudah sering diberitakan. Namun, mari kita flashback kembali dan memahami bagian kisah ini. Saya berharap semoga kita bisa mendapatkan rhema baru dan kita bisa merefleksikan hal yang baru sehingga hal tersebut semakin menyadarkan kita akan keberdosaan dan keterbatasan diri sebagai manusia berdosa. 

Sodom dan Gomora adalah tempat yang terkenal karena kejahatan dan dosanya. Salah satu sebutan kejahatan seksual atau penyimpangan seksual diambil dari kata Sodom ini, yaitu sodomi. Berdasarkan KBBI, sodomi berarti kejahatan seksual atau pencabulan yang dilakukan terhadap sesama jenis kelamin atau dengan binatang. Sanggama antar manusia secara oral atau anal, biasanya antar pria. Mengerikannya menyetubuhi melalui anal atau anus. Dalam kisah Sodom dan Gomora ini terdapat kejahatan demikian, bahwa seluruh pria mengepung rumah Lot dengan tujuan hendak sodomi dua tamu (kedua malaikat) yang menginap di rumah Lot (ay. 4-5). Tidak heran, Allah begitu murka dan memusnahkan kota-kota di Sodom dan Gomora ini (ay. 24-29).

Dosa selalu mendatangkan kehancuran dan kemusnahan. HIV atau AIDS salah satu penyakit yang telah memusnahkan banyak orang, asal mulanya dari virus pada simpanse yang terkena pada seseorang, dan penyebaran besar terjadi melalui prostitusi. Menurut catatan kesehatan organisasi dunia (WHO) tahun 2020, sebanyak 680.000 orang telah meninggal akibat virus HIV/AIDS ini, dan 37,7 juta telah mengidap penyakit ini. Sekali lagi, dosa dan kejahatan hanya mendatangkan kemusnahan. 

Sahabat Sabda Kehidupan, hati-hati terhadap dosa. Jangan biarkan dosa dan kejahatan menguasai diri. Kalau diri ini sudah dikuasainya, cepat atau lambat kehancuran dan kemusnahan akan mendatangi. Kalau saat ini ada yang sedang jatuh dalam dosa, segeralah bertobat dan mengikuti kehendak Tuhan yang mendatangkan kelepasan dan hidup. Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita (Rm. 6:23). Pilihlah kehidupan, supaya engkau hidup, baik engkau maupun keturunanmu (Ul. 30:19b). Amin.

Tuhan mampukan kita yang sangat terbatas supaya semakin menyerupai Kristus sebagai cerminan hidup yang sempurna. Tuhan memberkati.

Posting Komentar untuk "Renungan Harian - Musnah Karena Dosa (Kejadian 19:1-29)"